PM Usha visits Indonesia

from Ratih Rosyiati, Vegetables Go to School partner in Indonesia:

Indonesia2

Batang (BKP) – Menindaklanjuti kerjasama Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian dengan Lembaga Riset Sayuran Dunia AVRDC-The World Vegetable Center yang berpusat di Tainan, Taiwan, dilaksanakan kunjungan lapangan serta survey lokasi penerima manfaat kegiatan kerjasama tersebut pada Senin (13/1) hingga Minggu (19/1) oleh Project Manager Vegetable Go To School, Usha Palaniswamy, Ph.D.

Dalam kunjungannya ke 10 Sekolah, beliau mengatakan bahwa latar belakang yang mendasari kegiatan pengembangan kebun sekolah adalah masih rendahnya konsumsi sayuran di masyarakat termasuk anak-anak. Untuk itu, perlu dikenalkan budaya makan sayur sejak usia dini, karena sayuran terbukti meningkatkan status gizi masyarakat serta berpangaruh pada tingkat kecerdasan siswa. Dari kegiatan kebun sekolah ini diharapkan siswa menjadi lebih sehat sehingga meningkatkan prestasinya di sekolah.

Sebagai informasi bahwa dalam rangka pengembangan kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), pada tahun 2013, Badan Ketahanan Pangan melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan telah melakukan MoU untuk kegiatan Pengembangan Kebun Sekolah dengan Asian Vegetable Research and Development Center (AVRDC), Taiwan yang bertema “Vegetables Go to School: Improving Nutrition through Agricultural Diversification”. Kegiatan ini dilaksanakan  di 6 negara yaitu Asia Tenggara (Indonesia, Philipina), Asia Selatan (Nepal dan Bhutan), Afrika (Tanzania dan Burkina Faso.

Kegiatan ini merupakan Pilot Project yang hasilnya akan dijadikan sebagai masukan pengambil kebijakan dan untuk percontohan bagi pengembangan kebun sekolah di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada tahun 2014-2015

 

http://pusat-pkkp.bkp.deptan.go.id/berita-400-bkp-kerjasama-dengan-avrdcthe-world-vegetable-center-kembangkan-kegiatan-school-garden.html

Posted in: Indonesia

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.